fkur-2015
Setiap awal tahun di Blok 1 (Proses Belajar & Humaniora) Fakultas Kedokteran Universitas Riau, para mahasiswa mendapatkan materi dasar dari berbagai bidang antara lain Ilmu Komunikasi, Agama, Psikologi dan Teknologi Informasi (IT). Khusus untuk bidang IT, para calon dokter ini dibekali dengan pengetahuan tentang IT khususnya di bidang kesehatan. Pada zaman sekarang ini, IT tidak bisa dipisahkan dari berbagai aspek kehidupan, salah satunya dunia kedokteran.

Para dokter dan tenaga medis saat ini harus “melek” teknologi, banyak Rumah Sakit di kota maju dan luar negeri sudah menerapkan IT dalam manajemen dan pelayanannya. Salah satu hal positif dari pengimplementasian IT ini adalah, data terkait medis sudah terintegrasi, sehingga para dokter dapat dengan cepat mencari riwayat medis dari pasien. Lebih lanjut lagi, riwayat medis dari pasien tetap bisa diakses walaupun pasien tersebut berobat ke Rumah Sakit lain baik di dalam kota, bahkan di luar kota sekalipun. Selain itu, penulisan resep yang selama ini dilakukan secara manual, sudah dapat dilakukan secara digital. Dokter tidak lagi melakukan penulisan resep menggunakan tulisan tangan “khas” dokter, namun sudah melalui aplikasi terintegrasi, sehingga obat yang diresepkan oleh dokter langsung sampai ke apoteker dan pasien cukup langsung mengambil obat tersebut di apotek.

Berikut adalah video terkait Health IT, gambaran pengimplementasian IT di bidang Kedokteran:

Tahun ini merupakan tahun ke-4 saya sebagai pemateri bidang IT di Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Sejak tahun 2011, saya dipercaya sebagai pemateri di bidang IT di FK UR. Walaupun dengan jumlah waktu yang semakin terbatas (tahun ini hanya 1x pertemuan dari tahun-tahun sebelumnya 3x pertemuan), saya coba menyampaikan materi IT kepada calon dokter dari Universitas Riau ini. Materi yang disampaikan terkait dengan dasar Internet serta pengimplementasian IT di bidang kedokteran, lebih lanjut materi yang diberikan adalah terkait dengan resiko keamanan dari pengimplementasian IT tersebut.

fkur-2016-1fkur-2016-2

Teknologi Informasi bukan tanpa celah, jika jatuh di tangan yang salah, IT justru memberikan mudarat. Sebagai contoh, seorang dokter dengan hak akses khusus bisa melihat rekam medis pasien di Rumah Sakit tertentu. Jika data akun (username dan password) jatuh ke tangan orang yang salah, akibatnya data rekam medis seluruh pasien dapat dilihat oleh orang yang tidak berhak. Bagaimana bisa terjadi? Banyak cara yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab (hacker, cracker) untuk mendapatkan password dari orang lain.

Oleh karena itu, para calon dokter ini perlu diedukasi tentang apa dan bagaimana kejahatan di dunia maya tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah materi yang saya sampaikan di kelas, silahkan download di bawah ini:

Download Download Materi Blok 1 – Aplikasi Dasar Internet FK UR

*Bagi para mahasiswa, jika ada pertanyaan terkait materi yang diberikan silahkan berdiskusi pada kolom komentar yang ada di akhir artikel ini.

Berikut juga saya sertakan video materi yang saya berikan di kelas:

How the Internet Works:

World Wide Web:

Secure Password:

Phising Scam:

Computer Virus:

12 Step to IT Security:

Demikian materi yang saya sampaikan dalam pertemuan Blok 1 Semester Ganjil 2016-2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau yang berlangsung hari Kamis, 8 September 2016 yang lalu. Bagi para mahasiswa, jika ada pertanyaan silahkan berdiskusi pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat 🙂